Beranda » Concrete Pump » Harga Sewa Pompa Beton Standar dan Tips Menyewa Terbaru
click image to preview activate zoom

Harga Sewa Pompa Beton Standar dan Tips Menyewa Terbaru

Stok Tersedia
Kategori Concrete Pump

Harga Sewa Pompa Beton Standar

  • Jakarta
  • Bogor
  • Depok
  • Tangeerang
  • Bekasi
Tentukan pilihan yang tersedia!
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Bagikan ke

Harga Sewa Pompa Beton Standar dan Tips Menyewa Terbaru

Harga Sewa Pompa Standar Terbaru

Harga Sewa Pompa Standar Terbaru

Penyewaan alat-alat berat menjadi solusi ketika melakukan pembangunan. Anda bisa menyewa alat berat seperti pompa beton standar dengan harga yang kompetitif. Tersedia berbagai paket penyewaan per hari atau pun per jam sehingga Anda tinggal pilih yang mana.

Melakukan pembangunan proyek harus didukung perhitungan yang matang. Salah satunya dengan memilih untuk menyewa alat-alat berat di tempat yang tepat. Sebab, kalau saja salah memilih tempat penyewaan, maka anggaran terbuang percuma karena menyewa pompa standar dengan kualitas jelek.

Kelebihan Menggunakan Pompa Beton

Menggunakan pompa beton untuk pengecoran memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan menggunakan ember atau gerobak dorong. Berikut ini adalah kelebihan utama dari penggunaan pompa beton:

  • Menghemat waktu dan tenaga kerja – Dengan pompa beton, proses pengecoran bisa dilakukan lebih cepat dan efisien. Tidak perlu banyak tenaga kerja untuk memindahkan beton dari truk mixer ke area pengecoran. Pompa beton mampu memompa beton hingga ratusan meter per jam.
  • Presisi tinggi – Aliran beton yang keluar dari pompa beton bersifat kontinyu sehingga hasil pengecoran lebih rapi dan rata. Operator pompa beton juga bisa mengontrol kecepatan dan volume aliran beton.
  • Akses ke area sulit – Selang pompa beton memungkinkan beton mengalir ke area-area yang sulit diakses dengan gerobak atau ember. Pompa beton sangat berguna untuk pengecoran pada lokasi yang sempit atau proyek bertingkat tinggi.
  • Mengurangi resiko cidera – Tidak perlu ada pekerja yang memikul beban berat karena pompa beton yang melakukan transfer beton dari truk mixer ke lokasi pengecoran. Ini mengurangi resiko cedera punggung dan otot.
  • Mengurangi limbah – Penggunaan pompa beton menghasilkan sedikit sekali limbah dan tumpahan beton, karena aliran beton lebih terkontrol dan akurat.
  • Mengurangi pekerjaan pembersihan – Area pengecoran lebih bersih karena sedikit sekali tumpahan dan limbah beton. Ini berarti waktu pembersihan setelah pengecoran juga lebih singkat.

Dengan berbagai kelebihan tersebut, menyewa pompa beton sangat direkomendasikan untuk proyek konstruksi gedung dan infrastruktur skala besar maupun kecil. Investasi menyewa pompa beton akan menghasilkan banyak penghematan waktu dan tenaga kerja.

Pompa Beton Standar

Sebelum memilih untuk menyewa pompa standar, terlebih dahulu untuk mengetahui apa itu pompa standar. Sekedar informasi bahwa pompa standar adalah pompa yang mamu memindahkan adukan beton dari truk mixer ke lokasi pengecoran. Jangkauan pompa tipe standar hingga lebih dari 18 meter.

Pompa standar sangat dibutuhkan untuk Anda, ketika melakukan pembangunan proyek yang lokasinya sulit diakses. Maksudnya akses menuju lokasi tidak bisa dilalui oleh truk mixer sehingga sangat sulit membawa beton cor ke lokasi. Solusi dari masalah ini adalah dengan menggunakan pompa standar.

Keunggulan Pompa Beton Standar

Selanjutnya bahas soal keunggulan sewa pompa standar. Mengetahui soal keunggulan produk, merupakan sebuah keharusan ketika membeli atau menyewa sesuatu. Bayangkan saja kalau mendapatkan produk, tetapi tidak ada keunggulan yang diperoleh. Pastinya ada rasa rugi di dalam hati.

Untuk itu, Anda harus menyadari betul apa saja keunggulan dari sewa pompa standar. Keunggulan yang pada akhirnya mengarahkan pada keputusan untuk menyewa atau tidak. Lalu keputusan mengenai besaran anggaran untuk menyewa pompa standar. Pastinya hal tersebut harus dipahami dengan baik.

  • Pengecoran lebih rapi. Alasannya pompa tipe standar memiliki belalai atau boom yang cukup untuk mendistribusikan beton cor. Itu artinya dalam proses pendistribusian beton cor, tidak akan kotor atau beton berceceran. Semua beton akan rapi dan masuk dalam proyek pembangunan.
  • Hemat biaya. Ketimbang membeli pompa standar, menyewa pompa standar lebih hemat biaya. Aspek hemat biaya juga terlihat dari jumlah tenaga kerja. Mengoperasikan pompa standar itdak membutuhkan banyak pekerja.
  • Mampu menjangkau bangunan yang sulit diakses. Dengan jangkauan yang panjang, maka pompa beton standar dapat menjangkau area-area proyek yang sulit diakses.

Kapan Harus Menyewa Pompa Beton?

Menyewa pompa beton sangat dianjurkan pada beberapa kondisi proyek konstruksi tertentu, diantaranya:

Proyek Besar atau Berskala Besar

Pada proyek konstruksi berskala besar seperti pembangunan gedung bertingkat, jembatan, bendungan, dan infrastruktur publik lainnya, penggunaan pompa beton adalah pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan volume beton yang digunakan sangat banyak dalam jumlah ratusan atau ribuan meter kubik.

Menggunakan truk mixer untuk memindahkan beton dalam jumlah besar tersebut tentu tidak efisien. Pompa beton mampu memompa beton dalam jumlah besar dengan cepat dan akurat hingga lokasi tuangan yang jauh atau posisi tinggi.

Lokasi Sempit atau Sulit Diakses

Kondisi lokasi proyek yang sempit atau sulit diakses oleh truk mixer juga memerlukan pompa beton. Misalnya pada basement, kolom-kolom dalam, atau bagian struktur yang berada di tengah-tengah bangunan. Dengan flesibilitas pipa yang dimiliki, pompa beton dapat menjangkau posisi-posisi seperti ini.

Jadwal Pengerjaan Ketat

Penggunaan pompa beton dapat mempercepat proses pengecoran beton dan mempersingkat waktu pengerjaan proyek konstruksi. Hal ini sangat diperlukan pada proyek dengan jadwal pengerjaan yang ketat. Dibanding truk mixer, proses pengecoran menjadi lebih cepat karena beton dapat segera dituangkan begitu sampai di lokasi.

Pekerjaan di Ketinggian

Untuk pengecoran pada lokasi yang tinggi seperti lantai-lantai atas gedung bertingkat, tentu diperlukan pompa beton. Pompa mampu memompa beton hingga ketinggian puluhan meter secara vertical. Hal ini jauh lebih praktis dan aman dibanding menggunakan tower crane untuk mengangkat drum beton.

Akses Jalan Terbatas

Jika akses jalan menuju lokasi proyek terbatas atau sempit, maka truk mixer akan kesulitan untuk bolak balik mengantar beton. Pompa beton hanya perlu didatangkan 1 kali, lalu beton diambil dari truk mixer yang berada di lokasi yang mudah diakses untuk kemudian dipompakan ke titik tuang.

Harga Sewa Pompa Beton Standar Terbaru

Melakukan penyewaan pompa standar merupakan solusi, untuk menekan anggaran proyek. Sebab, ketimbang membeli alat berat tersebut, Anda lebih baik menyewa produk di penyedia saja sewa pompa beton seperti kami. Terlebih kami memiliki harga penawaran yang sangat lengkap, dan harganya variatif.

Harga sewa pompa standar. Selain itu sewa juga berpedoman pada durasi sewa pompa. Untuk penyewaan pompa, durasi penyewaan pompa beton tipe standar adalah per 8 jam sewa. Durasi yang sudah disesuaikan dengan proses pengerjaan proyek Anda.

NoVolume PengecoranHarga Sewa / 8 Jam
105 – 30 M³Rp. 3.200.000
231 – 50 M³Rp. 3.500.000
351 – 80 M³Rp. 3.800.000
481 – 100 M³Rp. 4.000.000
5>100 m3Rp. 45.000 /M³

Harga sewa pompa beton di atas masih bisa berubah tergantung durasi sewa, lokasi proyek, dan negosiasi. Pastikan juga biaya operator dan transportasi sudah termasuk.

Harga sewa pompa standar, yang kami tawarkan sangat kompetitif dengan tipe beragam. Selain itu pompa standar dari Bintangreadymix.com tentunya berkualitas, sehingga pompa tidak mengalami kerusakan ketika sedang dipakai untuk proyek pembangunan. Whatsapp 0823 1882 5095

Tips Menyewa Pompa Beton

Menyewa pompa beton tentu harus dilakukan dengan cermat agar mendapatkan hasil maksimal. Berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan:

  • Pilih jenis pompa beton yang sesuai dengan kebutuhan. Perhatikan kapasitas pompa, tinggi puntung, panjang lengan, dan radius jangkauan sesuai dengan volume dan tinggi tuangan beton.
  • Perkirakan volume beton yang akan dituang. Volume beton akan menentukan berapa lama waktu penyewaan yang dibutuhkan.
  • Pastikan kondisi jalan menuju lokasi dapat dilalui oleh truk pompa beton. Jika perlu adakan pengerasan jalan sementara agar truk pompa bisa sampai ke lokasi.
  • Koordinasikan jadwal pengecoran dengan penyedia pompa beton. Pastikan truk tiba tepat waktu sesuai jadwal agar proses pengecoran berjalan lancar.
  • Siapkan tenaga kerja dan peralatan pendukung seperti vibrator untuk membantu proses pengecoran.
  • Lakukan uji coba pengecoran sebelum pelaksanaan untuk memastikan kinerja pompa beton sesuai yang diharapkan.
  • Bersihkan sisa-sisa beton pada pompa setelah penggunaan agar tidak mengeras dan menyumbat saluran.

Dengan memperhatikan tips di atas, penyewaan pompa beton dapat berjalan lancar dan hasil pengecoran maksimal. Pilih penyedia jasa sewa pompa beton yang terpercaya untuk mendapatkan pelayanan terbaik.

Perbandingan Harga Sewa dan Beli Pompa Beton

Saat memutuskan apakah akan menyewa atau membeli pompa beton, penting untuk mempertimbangkan biaya sewa jangka pendek dibandingkan dengan biaya pembelian jangka panjang.

Analisis Biaya Sewa Jangka Pendek

Menyewa pompa beton umumnya lebih murah dibandingkan membelinya, terutama jika hanya membutuhkannya untuk satu atau beberapa proyek saja. Biaya sewa harian pompa beton berkisar antara Rp 2 juta – Rp 10 juta, tergantung pada kapasitas dan jenis pompanya.

Keuntungan menyewa antara lain:

  • Tidak perlu modal besar untuk membeli peralatan
  • Tidak perlu menyediakan tempat penyimpanan dan perawatan sendiri
  • Bisa menyesuaikan jenis dan kapasitas pompa dengan kebutuhan proyek
  • Tidak khawatir tentang penyusutan nilai alat

Namun perlu diperhatikan biaya transportasi bolak-balik dan biaya operator pompa yang mungkin dikenakan oleh perusahaan penyewaan.

Analisis Biaya Pembelian Jangka Panjang

Jika sering mengerjakan proyek konstruksi yang membutuhkan pengecoran beton dalam jumlah banyak, membeli pompa beton bisa lebih menguntungkan dari segi biaya dibandingkan terus-menerus menyewa.

Harga pompa beton baru berkisar antara Rp 600 jt – Rp 1,5 m. Walaupun harganya mahal, pompa beton bisa bertahan hingga ribuan jam pemakaian jika dirawat dengan baik. Dengan pembelian, Anda bisa menghemat biaya sewa jangka panjang.

Namun biaya pembelian bukan satu-satunya biaya. Anda juga harus menganggarkan :

  • Ongkos transportasi ke lokasi proyek
  • Biaya operator dan perawatan berkala
  • Biaya asuransi dan penyimpanan alat saat tidak digunakan

Jadi analisis biaya sewa VS beli harus mempertimbangkan seluruh biaya jangka pendek dan jangka panjang agar mendapatkan solusi yang paling optimal. Pilihan terbaik tergantung proyeksi penggunaan pompa dan situasi keuangan perusahaan.

Cara Menjaga Kinerja Pompa Beton

Untuk menjaga kinerja pompa beton tetap optimal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Lakukan perawatan rutin

Lakukan pemeriksaan rutin terhadap kondisi pompa beton. Pastikan tidak ada kerusakan atau keausan pada komponen-komponennya. Lakukan penggantian oli secara berkala sesuai rekomendasi. Periksa kondisi pipa dan nozzle secara rutin.

Gunakan bahan bakar dan oli yang direkomendasikan

Gunakan jenis bahan bakar dan oli sesuai rekomendasi pabrik. Jangan menggunakan bahan bakar atau oli biasa karena dapat mempengaruhi kinerja dan umur pompa. Gunakan bahan bakar dan oli berkualitas tinggi.

Bersihkan pompa setelah digunakan

Setelah selesai digunakan, bersihkan sisa-sisa semen atau beton yang menempel. Kotoran yang menumpuk dapat menyebabkan kerusakan. Gunakan air bersih untuk membilas seluruh bagian pompa.

Jangan memaksakan pompa bekerja overload

Jangan memaksakan pompa menyalurkan beton melebihi kapasitas yang ditentukan. Pompa yang dipaksakan bekerja berlebihan rentan mengalami kerusakan. Patuhi batas kemampuan pompa.

Simpan di tempat yang aman dan terhindar dari hujan

Jika tidak digunakan, simpan pompa beton di tempat yang terlindung dan kering. Hindari pompa terkena hujan secara langsung untuk mencegah karat dan kerusakan. Tutup bagian-bagian penting pompa agar terhindar dari debu dan kotoran.

Dengan melakukan perawatan berkala dan mengoperasikannya dengan benar, umur dan kinerja pompa beton dapat terjaga optimal.

Baca juga : Harga Sewa Pompa Beton Long Boom

Kesimpulan

Menyewa pompa beton memiliki banyak kelebihan dibandingkan metode konvensional seperti ember atau gerobak dorong. Pompa beton bisa menghemat waktu dan tenaga kerja, meningkatkan efisiensi, serta menghasilkan pengecoran beton yang lebih berkualitas.

Namun, biaya sewa pompa beton tentu lebih mahal daripada metode konvensional. Oleh karena itu, pertimbangkan dengan cermat kapan waktu yang tepat untuk menyewa pompa beton. Perhitungkan volume pekerjaan dan lokasi agar mendapatkan cost benefit yang optimal.

Beberapa tips penting dalam menyewa pompa beton:

  • Pilih jenis pompa yang sesuai kebutuhan
  • Gunakan perusahaan penyewaan pompa yang terpercaya dan berpengalaman
  • Sediakan akses jalan dan lokasi yang memadai agar truk pompa bisa masuk
  • Koordinasikan dengan baik waktu kedatangan pompa dan pengecoran
  • Jaga kebersihan dan perawatan pompa beton agar bekerja optimal

Dengan perencanaan dan persiapan matang, proyek konstruksi Anda akan lebih efisien dan berkualitas dengan bantuan pompa beton sewaan. Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat sebagai referensi menyewa pompa beton.

Tags:

Harga Sewa Pompa Beton Standar dan Tips Menyewa Terbaru

Berat 300 gram
Kondisi Baru
Dilihat 923 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Produk Terkait
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Rahmat
● online
Idris
● online
Rahmat
● online
Halo, perkenalkan saya Rahmat
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja